Powered By Blogger

Sunday 3 June 2012

kesalahan umum prosesing data raster to vector

Dalam pemrosesan data raster ke vector baik past processing (konversi raster to vector) maupun dari clipping data raster yang akan diproses seringkali menghasilkan gap maupun over area hasil clipping seperti studi kasus yang saya jumpai pada gambar dibawah ini.

Gap dan over yang terjadi diatas karena proses cliping data raster yang berupa piksel langsung menggunakan clip feature vektor Batas Area. untuk hasil yang lebih baik dan menghindari hasil seperti diatas bisa dilakukan dengan langkah sebagai berikut :

1. Clip raster dengan ukuran lebih luas dan lebih lebar dari area study.
2. Proyeksikan ke UTM baik raster yang akan diproses maupun vector yang akan dijadikan batasan  sebelum melakukan prosesing maupun clipping.

salah satu advanced yang saya gunakan untuk pemrosesan data raster tanpa melakukan clipping adalah memodifikasi environment processing extent. misalnya pada saat reclassifikasi satu scene data raster saya menentukan output processing extentnya dengan terlebih dahulu men zoom out areal analisa sehingga ukuran Data View lebih lebar dari area analisa.



sumber : pengalaman pribadi

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.